Komunitas Penggemar Catur Seluruh Indonesia




Penulis Topik: Panduan Belajar Catur  (Dibaca 2720 kali)

Admin

  • Administrator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 597
    • Lihat Profil
Panduan Belajar Catur
« pada: Agustus 09, 2010, 08:43:58 AM »
Oleh: Dahlan Effendi, MN
 
Buku catur bagi pemula ini terdiri 2 (dua) jilid. Dikemas dengan bahasa sederhana, tidak terlalu teknis dengan target bisa dipelajari siapa saja walaupun bukan dari kalangan komunitas catur. Bagi para pelatih, instruktur dan guru olah raga di sekolah-sekolah, buku catur ini cocok sebagai panduan dalam pembinaan dan pengajaran pecatur Junior.

Latar Belakang
Aktifitas saya  (Dahlan) sebagai karyawan perkantoran atau pegawai negeri sipil (PNS) otomatis lingkungannya bukan berada di tengah para pecatur prestasi. Mayoritas rekan kerja terdiri pecatur rekreasi dan hoby. Mereka hanya
senang bermain catur. Kalah menang tak masalah, yang penting bisa tertawa, saling ledek dan humor-humor sehat.
Namun, ada juga yang minta saran atau tip-tip teori caturnya. Aku beri catatan 5-6 baris per orang. Menjelang agustusan banyak yang minta untuk bekal pertandingan HUT RI (acara Agustusan) di kampung masing masing.  Saya jadi laris sebagai konsultan catur sukarela. Walaupun tidak memperoleh keuntungan secara materi, tapi jadi terbiasa mendapat bahan2 dari buku-buku catur dengan penyederhanaan bahasa yang mudah diserap oleh orang umum. Dari sinilah mulai rajin mengumpulkan file-file dan teori2 tentang percaturan.

Motivasi berkarya / menulis
Kegiatan saya mengisi tiap liburan adalah mengikuti seminar dan diklat-diklat tentang kewirausahaan, interpreuner dan kebangkitan motivasi.
Kebiasaan ini menjadikan saya kenal dan berada dikomunitas para pengusaha atau orang orang kreatif mencapai sukses. Saran mereka agar saya mulai memberdayakan apa yang kumiliki dengan mewujudkan rencana menjadi aksi nyata, bukan wacana dan mimpi yang tak jelas.
Kebiasaan komunitas orang-orang sukses adalah pola pikirnya selalu positip. optimis, menilai orang dan membicarakan yang baik2 saja, sehingga sepi dari menggunjing kekurangan dan menyebarkan kekurangan orang
lain. Aku banyak belajar dari mereka semua dan bertekad hijrah dari pola pikir yang negatip ke sikap positip thingking.

Komunitas Penggemar Catur Seluruh Indonesia

Panduan Belajar Catur
« pada: Agustus 09, 2010, 08:43:58 AM »


 



Copyright © Komunitas Penggemar Catur Seluruh Indonesia